• images

    KONSULTASI POKIR DPRD

     

    Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi, ST melaksanakan kunjungan kerja unsur Pimpinan ke DPRD Kota Medan . kedatangan Hendra Wahyudi di kantor DPRD Kota Medan disambut oleh Ketua Komisi III  M Afri Rizky Lubis.  Jum`at (10/01/2020 )


    kunjungan kerja ini adalah dalam rangka konsultasi terkait fungsi pengawasan terhadap SKPD dan beberapa hal lain yang di anggap penting. Diantaranya adalah tentang mekanisme Pokok Pokok pikiran ( POKIR ) DPRD untuk di masukkan dalam  Rencana Kerja Pemerintah Daerah ( RKPD )


    Rizky Lubis. mengatakan idealnya penyampaian pokok-pokok pikiran (pokir) anggota dewan/legislatif untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), dilakukan sebelum atau dalam pelaksanaan Musrenbang 2020.
    Penyusunan Pokir Dewan,   juga memperhatikan hasil-hasil yang telah dicapai pada tahun sebelumnya. Kalau masih ada program dan kegiatan yang belum tuntas harus dilanjutkan, terutama proyek fisik, agar proyek tersebut tidak menjadi proyek mangkrak yang tidak pernah selesai, kalau tidak ada tekad dari pemerintah daerah untuk menyelesaikannya.

    Regulasi lain yang mengatur Pokir termaktub dalam Peraturan Pemerintah No. 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota, pasal (54) yang menyebutkan Badan Anggaran DPRD mempunyai tugas dan wewenang memberikan saran dan pendapat berupa pokok pikiran DPRD kepada Kepala Daerah dalam mempersiapkan rancangan APBD sebelum Peraturan Kepala Daerah tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) ditetapkan.


    “ Hasil reses anggota DPRD bisa dijadikan bahan pokir bagi anggota DPRD untuk disampaikan dalam Musrenbang 2020  jika nanti ikut menjadi peserta Musrenbang. Setiap Musrenbang, Bappeda biasanya mengundang anggota dewan untuk memberikan masukan dan arahan terhadap berbagai aspirasi masyarakat yang diwakilinya” lanjut Rizky Lubis


    Ditemui seusai Konsultasi, dalam wawancaranya terkait POKIR  hendra Wahyudi mengatakan , Anggota dewan, kata Hendra Wahyudi, harus pro aktif dalam penyampaian usulan program dan kegiatan pokirnya kepada pihak eksekutif. “Kalau kita tidak proaktif, masyarakat yang telah memilih akan kecewa” Ujar Hendra Wahyudi


    TAG , , , ,

    Tinggalkan Komentar