images

Terkait Penetapan dan Penataan Desa, Pansus III sambangi DPMPD Prov Kaltim

Samarinda, Pansus III dprd kab.paser melakukan kajian ke Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) provinsi kaltim tentang Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) penetapan desa dan Penataan Desa. Kamis, (21/4)

Dipimpin oleh wakil ketua DPRD Abdullah, Ketua Pansus Faturrahman, yairus pawe, Aspiana, Ikhwan antasari, Eva Sanjaya,Edwin Santoso, Lamaludin dan Supian Didampingi dari kabid pendapatan, pengelolaan keuangan dan kekayaan milik desa , PMD Paser, Ali Hamzah

Dalam hal ini DPRD Kab.Paser meminta masukan terkait ada 6 desa yg mengalami perbaikan nama yang sebelumnya salah redaksional penulisannya dan 2 desa pengajuan untuk perubahan nama desa yaitu paser belengkong menjadi Benuo dan Kersik Bura kembali menjadi Desa Suatang
Diterima oleh Kasmawati kabid pemdes, Vincentius samadi,Kasi kapasitas desa dan kelurahan dan Dwi windarta,analis data dan informasi

Yairus pawe menanyakan tentang apakah cukup Perbup tentang Desa saja dan tidak perlu di buatkan menjadi Perda , dilanjutkan ikhwan antasari untuk Desa Pasir Belengkong menjadi Benuo dan kresik Bura kembali menjadi Desa Suatang ini terkait perubahan nama apakah perlu dikonsultasikan ke bagian Hukum sebelum kita mencantumkan di Pasal 4 Raperda yang kita susun ini.

" Terkait pertanyaan tersebut bahwa Rapeda Penetapan Desa merupakan amanat Undang Undang No 6 Tahun 2016 ujar Kasmawati ". Urgensi adanya perda penetapan desa di Kab.Paser tujuannya untuk kepastian Hukum terhadap Desa - desa di Paser itu sendiri yang mana nantinya berkaitan dengan Penetapan Kode wilayah di desa masing - masing.
Untuk perubahan nama desa dan perbaikan nama desa sebaikanya dilampirkan dalam batang tubuh Raperda sebelum Perda ditetapkan sehingga menjadi dasar diadministrasikannya desa sesuai dengan perda yang ada.

Secara subtansi isi dua raperda yang diusulkan ini sudah sesuai dengan peraturan perundang - undangan, hanya saja perlu sedikit masukan dari bagian hukum.

Diakhir pertemuan Abdullah menyebutkan akan menindaklanjuti catatan penting yg disampaikan tadi dan berharap penetapan Raperda ini segera diparipurnakan karena kita akan melakukan pemilihan kepala Desa kembali ditahun ini tutupnya. (Humas_Jefri)


TAG

Tinggalkan Komentar